NEWS

DSN dan BPJS Ketenagakerjaan melakukan kegiatan sosialisasi kepada petani plasma.

BERTEMPAT di Koperasi Serba Usaha (KSU) Min Bea Glang Mandiri, Desa Dabeq, Muara Wahau, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Samarinda bekerja sama bidang CSR DSN Group melakukan kegiatan sosialisasi kepada petani plasma. Para petani ini merupakan anggota dari beberapa koperasi binaan perusahaan yang berada di wilayah kerja Muara Wahau.

Dalam pembukaannya, Arifin Saragih dan Maradu Panjaitan selaku perwakilan DSN Group yang merupakan perusahaan inti menyampaikan pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada para petani di lingkungan sekitar perusahaan mereka. Salah satu perwakilan koperasi, Maskur, menyambut baik sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan tersebut.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Samarinda Supriyanto menyampaikan, dalam sosialisasinya, petani plasma merupakan pekerja berisiko cukup tinggi dan cukup menjadi perhatian akan jaminan sosialnya. Oleh karena itu, dia memberikan informasi mengenai perlindungan sosial untuk petani plasma sawit, baik itu dalam program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Hari Tua (JHT).

Program itu tercantum dalam program Bukan Penerima Upah (BPU) BPJS Ketenagakerjaan. Dalam program BPU, dengan minimal iuran Rp 16.800 per bulan, para petani akan mendapatkan perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan dalam program JKK dan JKM. Semua risiko kecelakaan kerja yang akan dialami petani plasma dalam bekerja dan kematian akan menjadi tanggung jawab BPJS Ketenagakerjaan.

Dalam kesempatan yang sama, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Samarinda menyerahkan secara simbolis santunan kecelakaan kerja kepada dua ahli waris dari perusahaan DSN Group, yaitu ahli waris dari Marselinus Ngama sebesar Rp 118,494 juta dan ahli waris Dibyandono sebesar Rp 132,348 juta.

BPJS Ketenagakerjaan mempunyai komitmen dalam hal memberikan pelayanan kepada para peserta. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program BPJS Ketenagakerjaan, dapat mengunjungi kantor BPJS Ketenagakerjaan cabang Samarinda Jalan IR H Juanda, Nomor 103, Telepon (0541) 761194-96. (adv/*/bud/azr/qc)

Sumber: Prokal.co