NEWS

DSN Partnership with the Communities Improved Social Economy

Jakarta - Kemitraan antara PT Dharma Satya Nusantara Tbk (DSN Group) dengan koperasi di sekitar perusahaan di Muara Wahau, Kutai Timur, Kalimantan Timur, telah berhasil meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Hal itu diakui Bupati Kutai Timur Ir H Ismunandar, saat meresmikan kantor Koperasi Min Bea Glang Mandiri (MBGM) Desa Deabeq dan kantor Koperasi Min Sun Lekut (MSL) Desa Bea Nehas, Muara Wahau, Kutai Timur, Jumat (13/5) pekan lalu.

Bupati dan jajarannya selama ini selalu mengikuti perkembangan Perkebunan Sawit sejak zaman Bupati Dr H Awang Faroek Ishaq (sekarang menjabat Gebernur Kaltim) dan menilai DSN Group selama ini cukup tekun membina masyarakat petani sawit. Kesabaran itu kini membuahkan hasil berupa kebun kemitraan yang telah mengangkat kesejahteraan warga desa.

“Masyarakat yang sebelumnya tidak mengenal sawit, bahkan menolak sawit, akhirnya bisa menerima bahkan kini menikmati hasil dari kebunnya. Hasil kebun dan kantor megah yang dibangun secara swadaya oleh koperasi menjadi bukti hasil perjuangan bersama-sama antara pemerintah, masyarakat dan perusahaan,” kata Bupati Ismunandar dalam sambutannya saat peresmian kantor koperasi tersebut.

Ia menambahkan melalui pembangunan kantor Koperasi Min Bea Glang Mandiri (MBGM) Desa Deabeq dan kantor Koperasi Min Sun Lekut (MSL) Desa Bea Nehas menunjukkan bahwa koperasi telah melakukan pogram “GERBANG MADU” (Gerakan Pembangunan Desa Mandiri Terpadu).

“Semoga dengan pembangunan Kantor Koperasi MBGM dan MSL ini dapat menjadi studi banding atau percontohan untuk koperasi-koperasi di Kabupaten Kutai Timur,” katanya.

Sementara Direktur PT Dharma Satya Nusantara Tbk Agung Pramudji mengatakan, pembangunan gedung kantor ini merupakan bentuk apresiasi dari DSN Group terhadap usaha yang telah dilakukan pengurus koperasi, Pemerintah Desa dan Masyarakat Desa tersebut.

Diharapkan Koperasi Min Bea Glang Mandiri (MBGM) Desa Deabeq dan Koperasi Min Sun Lekut (MSL) Desa Bea Nehas dapat mengoptimalkan lagi usahanya sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

Adapun anggota koperasi tersebut adalah para petani sawit yang berada di Desa Deabeq dan Desa Bea Nehas Kecamatan Muara Wahau, Kabupaten Kutai Timur yang merupakan koperasi binaan dari DSN Group dalam perkebunan kelapa sawit pogram revitalisasi.

Saat ini, DSN Group telah bermitra dengan sekitar 20 koperasi di sekitar perusahaan dan telah membangun kemitraan kelapa sawit seluas lebih dari 16.000 hektar atau lebih dari 25% dari total luas kebun perusahaan.

Pada kesempatan tersebut turut hadir Dandim Kutai Timur Letkol Inf. Setys Wibowo, Asisten 4 Bidang kesra Drs H Mugeni, Kepala dinas koperasi Drs M Husaini, Muspika dua kecamatan (Kecamatan Muara Wahau dan Kecamatan Konbeng), Anggota DPRD Kabupaten Kutai Timur daerah pemilihan Kecamatan Muara Wahau, dan Direktur PT Dharma Satya Nusantara Tbk Agung Pramudji beserta staf.

Peresmian tersebut juga dihadiri oleh sekitar kurang lebih 700 orang terdiri dari kepala desa, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh masyarakat dan warga masyarakat di desa-desa sekitar Kecamatan Muara Wahau dan Konbeng.

Selain meresmikan kantor Koperasi di dua desa tersebut, Bupati Kutai Timur juga melakukan peletakan Batu Pertama pembangunan Kantor CU Bloem Bea Ling Desa Deabeq serta menyerahkan secara simbolis bantuan dari DSN Group untuk Tim Dalkarhutla Desa di 6 Desa disekitar perusahan berupa peralatan dan perlengkapan untuk pemadaman api serta dilanjutkan dengan penyerahan buku Tabungan untuk Koperasi binaan DSN Group.

Pencegahan kebakaran


Pada kesempatan tersebut, Bupati Ismunandar menyerahkan secara simbolik bantuan alat pemadam kebakaran yang merupakan sumbangan dari DSN Group kepada perwakilan tim Dalkarhutla 6 Desa sekitar perusahaan, masing masing tersebut yaitu desa Bea Nehas, Diak Lay, Dea Beq, Muara Wahau, Nehas liah Bing dan Miau Baru.

Bupati juga menyampaikan imbauannya supaya masyarakat juga ikut mencegah bahaya kebakaran di daerahnya masing masing, sekaligus mengimbau agar masyarakat tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar.

Sumber: Beritasatu.com